Senin, 25 Juni 2012

Opera 12 Untuk Kerja Kreatif

Kebanyakan browser berpenampilan standard dan hanya mengandalkan kecepatan. Membuat apa yang kita kerjakan selesai tanpa kesan. Tapi tidak dengan Opera 12. Browser ini hadir dengan dandanan terbaru yang lebih cantik dan inspiratif. Dan tentu saja Opera 12 tidak melupakan sisi kecepatannya.

Opera 12 menawarkan ratusan tema baru yang unik dan futuristik. Dijamin bikin kegiatan browsing, surfing, blogging, dan lainnya jadi lebih menyenangkan dan memunculkan banyak ide. Kita bisa sering-sering ganti tema sesuai mood yang ingin kita bangun. Untuk memudahkan pengguna, Opera menyediakan galeri tema yang diurutkan berdasarkan beberapa kategori. Tema favoritku sih yang Love, gambar semangkanya bikin seger mata.

Cara mengganti tema Opera 12

Sebelumnya, dari zaman sekolah saya didikte bahwa browser cepat itu ya Mozilla Firefox, browser standard itu ya Internet Explorer. Alhasil selama bertahun-tahun saya menggunakan Firefox untuk membuat tugas dan blogging dengan tampilan yang itu-itu saja. Saya anggap itu sudah paling work-environment, nggak ribet dan macam-macam. Namun, setelah mencicipi Opera 12 terbaru ini, pandangan saya jadi berubah.

Saya merasa jadi lebih kreatif. Nggak percaya? Tengok dulu fitur-fitur baru dan perbaikan yang ditawarkan Opera 12!

Suka melakukan video chat? Opera 12 kini mendukung API (Application Programming Interface) dari WebRTC yang memungkinkan pengguna untuk melakukan audio dan video chat di aplikasi berbasis web. Kita bisa melakukan online meeting dengan bos atau klien untuk urusan pekerjaan yang lebih mudah. Atau juga online dating bareng pacar. Hihi..

Suka meng-copy teks saat browsing atau mengutak-atik kode HTML? Opera 12 menawarkan fitur Notes yang sangat berguna. Kita bisa menemukan icon Note tersebut di address bar dan bisa digunakan kapan saja. Saya yang sering menggunakan Notepad untuk menyimpan link dan kode HTML sangat terbantu dengan fitur Opera 12 yang satu ini. Saya jadi tidak perlu repot-repot buka Notepad, balik ke browser, ngintip Notepad lagi, browser lagi. Kan capek. Hehe..

Bicara soal kecepatan, kita pasti akan senang dengan fitur Speed Dial dan Opera Turbo. Speed Dial membuat kita lebih cepat menjelajah situs-situs yang biasa kita kunjungi. Kita juga bisa mengkonfigurasi Speed Dial tersebut untuk menentukan situs apa saja yang ingin ditampilkan. Sedangkan Opera Turbo bisa mengkompresi halaman situs sehingga lebih cepat terbuka. Demi kecepatan juga, kita harus merelakan fitur Opera Unite, desktop widget dan beberapa fitur lainnya yang dihilangkan oleh Opera agar Opera 12 ini lebih ramping dan ringan.

Tapi jangan khawatir mengenai keamanan. Opera sudah mempercanggih sistem keamanan data dan informasi personal pengguna. Saya yang sering menggunakan e-banking dan mengirim email pribadi jadi tidak perlu was-was lagi.

Pokoknya dengan Opera 12 saya seperti mendapatkan creative-environment yang baru saat bekerja, lebih dari sekedar work-environment yang ditawarkan browser lain. Saya jadi lebih banyak ide untuk menulis karena tema Opera 12 yang beda setiap harinya, jadi lebih cepat menyelesaikan posting blog, jadi lebih merasa aman melakukan transfer e-banking. Selebihnya saya bisa leluasa mencari ide dengan menjelajahi berbagai web dengan loading yang wus.. wus.. cepat!

Tips saya, agar kegiatan surfing lebih nyaman, coba masuk Customize lalu Appearance dengan cara klik kanan di menu Opera. Disitu kita akan menemukan pengaturan Themes, Panels, Toolbars, dan Buttons. Kita bisa mengkostumisasi semuanya agar tampilan Opera 12 jadi kita banget!

Menu Appearance
Untuk tips-trik lain seputar Opera 12, kayaknya kita perlu buka CHIP online yang lebih ahlinya deh! Atau kalau mau sharing sesama pengguna Opera, kita bisa kumpul di My Opera Indonesia.

Overall, dengan semua fitur dan personalisasinya, Opera 12 adalah browser paling inspiratif dan inovatif untuk kerja kreatif! Download Opera 12 sekarang!


---------------------------------------------------------------
#Tulisan ini diikutkan Kompetisi Review Opera 12

10 komentar:

  1. Belum coba..masih setia dengan rubah api..

    BalasHapus
  2. Pak @Arsyad Riyadi: ayo dicicipi, pak. seger lho! hehe.. ;)

    BalasHapus
  3. mantap nich reviewnya salam kenal :)

    BalasHapus
  4. @juliawan: terima kasih. salam kenal juga. :)

    BalasHapus
  5. kunjungan balik :D waduh, bagus banget reviewnya, jadi minder nih hehehe

    BalasHapus
  6. @Irvanda: hehe.. semoga sama-sama beruntung di kompetisi ini ya. semangat! :D

    BalasHapus
  7. semoga sukses dengan reviewnya mba...

    BalasHapus
  8. postingannya keren, kata2nya maknyus bisa jadi wartawan neh, pasang adsense ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih. ^^
      ini blog buat seneng-seneng aja koq. :p

      Hapus